Selasa, 07 Januari 2014

RCD

RCD 
RESIDUAL CURRENT DEVICE


Adalah suatu perangkat proteksi didalam instalasi listrik yang berfungsi mendeteksi Ketidakseimbangan antara konduktor pengalir arus listrik L (Fasa/Hot/Live) dan konduktor kembali (Neutral - 0)



Alat ini akan segera memutuskan aliran Arus listrik (Trip) jika ada kebocoran arus listrik , ke perangkat lain atau ke bumi

Kebocoran arus listrik melewati tubuh seseorang merupakan salah satu insiden yang kita kenal tersengat listrik atau tersetrum. Alat ini berfungsi segera memutuskan jika arus listrik melewati tubuh seseorang.

Alat ini bukan menghilangkan resiko tersengat listrik sama sekali, tetapi mencegah sesegera mungkin (dibawah 1 detik - millisecond), jangan sampai arus listrik yang mengalir membahayakan.

RCD memonitor jumlah arus listrik yang mengalir melalui kabel fasa dan kembali melalui kabel netral. Besaran arus yang datang dan kembali haruslah seimbang, jika terdapat arus bocor karena kesalahan/kerusakan ketidakseimbangan terdeteksi oleh RCD dan segera memutus arus listriknya (trip) sebelum kerusakan atau cedera terjadi.




Arus bocor ke bumi bisa terjadi melalui seseorang yang kita kenal tersetrum atau tersengat listrik. 

RCD yang didesain untuk memberi perlindungan dari tersengat listrik yang bisa memutuskan listrik dalam waktu yang sangat singkat (200-40ms, ms = 1/1000 detik) , menjaga agar resiko tidak sampai taraf berbahaya.

Perlindungan dengan RCD bisa membantu menyelamatkan seseorang dari resiko kecelakaan fatal karena tersengat listrik.

RCD tidak bisa menerima insiden hubung singkat, karena itu harus dilengkapi serta MCB sebagai proteksi beban berlebih dan short circuit

Jika anda ingin melengkapi rumah anda dengan RCD, perkiraan besaran biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Asumsi instalasi 1 group, Listrik 1 Fasa  
1.Spesifikasi
- Tegangan 220VoltAC
- Sensitifitas Arus bocor 30mA (kenapa)
- Maksimal Arus yang bisa melewati RCD 25 Ampere,
. Harga RCD : Rp.300,000

2. Jika instalasi setelah meteran masih menggunakan sekering lama, maka anda harus membeli MCB dengan spesifikasi Nominal Rating (NR) Ampere yang sama, Dengan Kisaran Harga
Contoh :
Kelas Daya rumah 450 Watt, gunakan MCB 2 Ampere
Kelas Daya ruman 900 Watt, gunakan MCB 4 Ampere
Kelas Daya rumah 1200 Watt, gunakan MCB 6 Ampere
Kelas Daya rumah 2200 Watt, gunakan MCB 10 Ampere
dst...
Kisaran harga Rp.35,000 s/d 40,000

Note:
Tapi jika sulit mendapatkan 2, 4 Ampere gunakan yang diatasnya 6, 10 dst, karena ini untuk melindungi dari beban berlebih, sedangkan kita membutuhkan perlindungan RCD dari resiko short circuit/hubung singkat. Kita masih memiliki MCB dari PLN yang menempel dimeteran sebagai proteksi beban berlebih dan pembatas daya.

3. MCB Box 3 - 4 Modul Outbouw Rp. 6,000 Standart,

Total yang anda harus siapkan untuk membeli 1 set kurang lebih Rp. 350,000
Dengan nilai 350,000 anda sudah mendapatkan perlindungan dari resiko fatal insiden sengatan listrik.


Jika anda kesulitan mendapatkan di tempat anda, saya bisa bantu untuk mendapatkannya. Tentu dengan produk terjamin dari Kualitas, Bergaransi, dan sudah SNI. Untuk urusan listrik saya tidak mau bermain-main dengan alat yang masih diragukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar