Selasa, 07 Januari 2014

Jalur hambatan kesetrum pada tubuh


Secara sederhana tubuh manusia dapat dianggap sebagai sirkuit yang dilalui beda potensial diterapkan akan mengalirkan arus listrik. Seperti kita ketahui dari Hukum Ohm, arus listrik yang mengalir akan tergantung pada tegangan dan hambatan. Tentu saja, kita harus mencoba untuk mencegah atau membatasi kejutan dengan bertujuan untuk menghentikan perbedaan potensial berbahaya dari yang diterapkan di seluruh tubuh. Namun, kita harus sadari bahwa itu sulit dilakukan, sehingga hambatan lintasan adalah faktor yang sangat penting.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, dan memiliki ketahanan yang sangat rendah. Kulit, bagaimanapun, memiliki ketahanan yang sangat tinggi, nilai tergantung pada sifatnya, tentang kemungkinan adanya air, dan apakah itu telah menjadi terbakar. Dengan demikian, sebagian besar perlawanan terhadap aliran arus melalui tubuh manusia adalah pada titik-titik masuk dan keluar melalui kulit. Seseorang dengan kulit yang secara alami keras dan kering akan memberikan perlawanan yang jauh lebih tinggi untuk shock saat dari satu dengan kulit lembut dan lembab, pada ketahanan kulit menjadi sangat rendah jika telah
terbakar, karena adanya konduktor partikel karbon.


Faktanya, arus listrik dibatasi oleh impedansi dari tubuh manusia, yang meliputi kapasitansi-nya dan hambatan-nya. Nilai-nilai impedansi sangat sulit untukdiprediksi karena bergantung pada berbagai faktor termasuk antara lain tegangan, arus listrik dan durasi, bidang kontak dengan konduktor Fasa/Hot/Live, tekanan kontak, kondisi kulit, ambien dan suhu tubuh, dan sebagainya.


Gambar diatas adalah representasi yang disederhanakan dari Jalur hambatan sengatan listrik pada tubuh , dengan rangkaian ekivalen yang menunjukkan komponen dari hambatan . Bisa dikatakan diagram diatas sangat mendekati, arus listrik akan mengalir melalui tubuh, misalnya , menyebabkan korban berkeringat , mulai mengurangi ketahanan kulit sangat cepat setelah tersengat.Ketahanan alas kaki , serta dari penutup lantai , akan sering meningkatkan ketahanan keseluruhan jalur sengatan dan mengurangi resiko sengatan arus listrik ke tingkat yang lebih aman.

Saat ini ada beberapa referensi angka yang dapat dijadikan acuan untuk efek dari tersengat listrik, karena perbedaan dari setiap orang atau orang tertentu dengan waktu tertentu . Namun, kita tahu bahwa lebih dari satu milliampere arus dalam tubuh menghasilkan sensasi shock, dan bahwa seratus milliamperes kemungkinan cepat berakibat fatal , terutama jika melewati jantung .

Jika kejutan berlanjut, efeknya mungkin terbukti lebih berbahaya. Sebagai contoh, kejutan arus 500 mA mungkin tidak memiliki efek sakit abadi jika durasinya kurang dari 20 ms , tapi 50 mA selama 10 detik juga bisa membuktikan menjadi fatal. Efek dari tersengat listrik akan bervariasi , namun hasil yang paling berbahaya adalah fibrilasi ventrikel ( di mana urutan detak jantung terganggu ) dan kompresi dada , mengakibatkan kegagalan untuk bernapas .

Hambatan dari jalur kejutan adalah sangat penting .
Aturan serta langkah-langkah khusus dibuat untuk mengurangi resiko bahaya sengatan listrik meningkat karena berkurangnya daya tahan tubuh dan kontak yang baik dari tubuh dengan potensi ground/earth . Situasi tersebut termasuk lokasi yang mengandung bak mandi atau shower , kolam renang , sauna dan sebagainya .

Faktor lain yang penting untuk membatasi cedera serius karena sengatan listrik adalah pembatasan dengan pembumian atau grounding.
Persyaratan ini adalah untuk memungkinkan arus mengalir cukup untuk mengoperasikan alat pelindung dan dengan demikian untuk memutus sengatan arus listrik sangat cepat untuk mencegah kematian akibat tersengat listrik.

Seberapa cepat ini harus terjadi tergantung pada tingkat daya tahan tubuh diharapkan . Dimana letak stop kontak tersebut ditempatkan, peralatan makan,  cenderung untuk digenggam kuat oleh pengguna sehingga resistansi kontak lebih rendah . Dengan demikian , pemutusan dalam 0,4 s diperlukan . Dalam kasus sirkuit makan peralatan tetap , di mana resistansi kontak kemungkinan dia lebih tinggi , pasokan harus dikeluarkan dalam waktu 5 s . Untuk situasi di mana bumi kontak kemungkinan untuk menjadi baik , seperti peternakan dan lokasi konstruksi , pemutusan diperlukan dalam 0,2

Sumber : Extracted from The Electricians Guide Fifth Edition by John Whitfield

Tidak ada komentar:

Posting Komentar